Teknologi Informasi dan Partai Politik

Menilik pemilu 2019 penggunaan sosial media yang merupakan bagian kecil dari kemajuan teknologi informasi maka, adalah sebuah keniscayaan penggunaan teknologi informasi kedepan khususnya di organisasi parpol menjadi penting adanya. Perubahan kultur dan kebiasaan masyarakat yang lebih banyak membaca informasi dari situs online maupun sosmed menjadi tantangan tersendiri bagi organisasi politik untuk segera masuk dan ikut dalam perubahan tersebut. Efektifitas dan efisiensi kerja kerja politik dengan teknologi informasi adalah kunci memenangkan pertarungan politik kedepan.

Sebagai contoh, penggunaan video call, teleconference, analytics issue hingga transparasi sistem perorganisasian dengan sistem HRIS (Human Resource Information System) untuk melihat kapabilitas dan performance index pengurus adalah bagian dari pemanfaatan teknologi informasi di organisasi politik.

Organisasi politik seperti parpol tidak lagi banyak memerlukan suara keras, orasi yang berapi api atau gagahnya seorang pengurus tetapi lebih kepada kemampuan untuk menyentuh nurani seseorang dalam ruang ruang virtual untuk menarik empati yang tentunya akan berimplikasi pada dunia nyata secara masif.

Proses dialog seperti reposisi, musyawarah hingga membuat kesepakatan juga sudah bisa dilakukan dengan teleconference sehingga menghemat biaya perjalanan dan tentunya membuat lebih efektif. Surat menyurat terkait dengan nota organisasi hingga surat keputusan dengan mudah terdistribusi melalui sistem administrasi organisasi berbasis web sehingga tidak ada alasan lain ada oknum yang mencoba memperjualbelikan sebuah keputusan yang telah dibuat.

Semua hal diatas hanya bisa dilakukan apabila ada keinginan kuat dari para pimpinan partai politik dan komitmen kuat bersama dalam mengembangkan organisasi, karena pada hal yang paling kompleks bukanlah sistem atau aplikasi tetapi lebih kepada proses ‘change management’ yang mengubah kebiasaan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *